Sungai Tarab Salapan Batua

Posted: January 1, 2018 in Sungai Tarab

Sungai Tarab merupakan salah satu nagari yang sekaligus menjadi nama kecamatan yaitu kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nagari ini terletak di dekat Batusangkar, ibu kota dari kabupaten Tanah Datar. Nagari Sungai Tarab memiliki luas wilayah sekitar 12,96 km².

Dalam Tambo pada nagari ini dikenal dengan tempat kedudukan salah seorang dari Basa Ampek Balai (Empat Menteri Utama) yaitu yang dikenal dengan sebutan Bandaro di Sungai Tarab, dan juga termasuk ke dalam Langgam Nan Tujuah yaitu Pamuncak Koto Piliang[1] .

Pada tanggal 25 Mei 1992, Kerapatan Adat Nagari Sungai Tarab menerbitkan sebuah buku monografi sederhana mengenai Nagari ini. Sebagai sebuah upaya untuk minikam kembali jejak yang pernah ada, buku ini patut di apresiasi. Namun demikian, sebagaimana dinyatakan dalam pengantar buku ini, penulis menyampaikan bahwa “Kajian tentang Nagari Sungai Tarab yang ada dalam buku kecil ini, tidak lengkap, namun secara garis besar barangkali data dipakai sebagai ilmu terapan, sebab kajiannya diangkat dari data lapangan yang ada dan pernah terjadi”.

Bagi saya, postingan ini adalah awal dari pengembaraan kelubuk-lubuk sejarah tentang Nagari Saya, dimana mosaik-mosaik potongan peristiwanya, tersebar di banyak tempat dan literatur. Untuk itu saya harus berterima kasih kepada Pak Tuo saya, Yoeswar Menek, anak dari Angku Titah Menek Datuak Bandaharo Nan Putiah yang telah meletakkan fondasi kesejaraahan dalam daftar minat saya.

Tentu tidaklah mudah mengumpulkan potongan-potongan mozaik sejarah sebuah Nagari yang menempati posisi istimewa dalam sejarah Minangkabau, sebab menurut kaba, Nagari saya ini adalah Nagari Tertua kedua di Minangkabau, dimana disiní pernah ada Kerajaan Bungo Satangkai yang menjadi fondasi lahirnya Imperium Kerajaan Pagaruyung.

Meskipun demikian, hutan saya sebagai Anak Nagari adalah berusaha, sementara mengenai hasilnya, tentu tak terlepas dari jalan yang dibukakan oleh Allah SWT. In’syaAllah, saya akan terus memposting kaba-kaba tentans nagari ini.

Buku Sungai Tarab 8 Batua

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s